KEMISKINAN DI PROVINSI PAPUA

KEMISKINAN DI PROVINSI PAPUA

Papua merupakan salah satu wilayah terluas yang ada di Indonesia. Provinsi ini terletak di bagian timur Indonesia. Papua sebagai salah satu provinsi di Indonesia banyak menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan juga memiliki sumber daya alam yang melimpah. Wilayah Papua memilik batas-batas diantaranya, disebelah utara berbatasan dengan samudera pasifik, di sebelah selatan dengan Propinsi Maluku dan Laut Arafura, di sebelah barat dengan propinsi Maluku dan Maluku Utara, dan di sebelah Timur dengan Negara Papua New Guinea. Tanah Papua juga dipenuhi oleh hutan, laut dan keanekaragaman biotanya yang jumlahnya mecapai jutaan spesies. Tanahnya cocok untuk budidaya pertanian. Di dalam bumi, Papua juga menyimpan gas alam, minyak dan aneka bahan tambang lainnya yang siap menunggu untuk diolah.

Berdasarkan keadaan alam yang terdapat di Papua, bisa dikatakan bahwa masayrakat yang hidup di daerah tersebut memiliki pendapatan ekonomi yang tinggi. Selain itu, pemerintah juga mendapatkan pemasukan yang besar karena wilayah Papua dikenal sebagai surga dunia dimana terdapat pulau-pulau, budaya, upacara adat serta wisata baharinya yang indah. Hal ini membuat provinsi Papua sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Mengingat besarnya potensi lestari sumberdaya ikan di Provinsi Papua, maka sektor kelautan dan perikanan merupakan andalan yang mempunyai kekuatan besar dan peluang untuk terus dikembangkan. Sampai akhir tahun 2010, nilai pemanfaatan lahan usaha budidaya walaupun meningkat namun pertumbuhannya masih tergolong rendah, dimana untuk potensi budidaya air tawar yang mencapai 178.786 hektar tapi baru dimanfaatkan sebesar 1.163 Ha (0,65%). Kemudian potensi budidaya payau yang mencapai 42.000 Ha, baru dimanfaatkan sebasar 495,1 Ha  (1,17%) sementara potensi budidaya laut yang mencapai 256.800 hektar baru dapat dimanfaatkan sebesar 47,1 Ha (0.18%).

       Potensi sumberdaya mineral dan energi di Provinsi Papua telah dikenal luas oleh masyarakat international sebelum perang dunia kedua. Pada awalnya minyak bumi merupakan komoditas yang paling menarik untuk dieksploitasi. Provinsi ini sangat kaya dengan berbagai potensi sumber daya alam. Sektor pertambangannya mampu memberikan kontribusi lebih 50% perekonomian Papua, dengan tembaga, emas, minyak dan gas menempati posisi dapat memberikan kontribusi ekonomi itu. Di bidang permainan Poker Online, provinsi ini memiliki potensi 2,5 miliar ton, batuan biji emas dan tembaga,  semuanya terdapat di wilayah konsesi PT.Freeport Indonesia
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.