LAPORAN PRAKTIKUM MANAJEMEN AGRIBISNIS


LAPORAN PRAKTIKUM MANAJEMEN AGRIBISNIS
Indonesia merupakan negara agraris di mana sektor pertanian memegang peranan yang strategis utamanya dalam pembangunan nasional. Pertanian merupakan salah satu sektor yang memiliki kontribusi besar dalam perekonomian Indonesia, mengingat Indonesia merupakan negara agraris dengan potensi pertanian yang sangat tinggi dan mampu menyerap 75% tenaga kerja di pedesaan. Secara nasional sektor pertanian mampu menyumbang PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Rp 245,90 triliun dengan kontribusi sebesar 11,13% dari total PDB Indonesia Subsektor pertanian antara lain pangan, hortikultura, perikanan dan peternakan. Subsektor peternakan adalah kegiatan mengembakbiakan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut. Tujuan peternakan adalah mencari keuntungan dengan penerapan prinsip-prinsip manajemen pada faktor-faktor produksi yang telah di kombinasikan secara maksimal (Satul dan Pamungkas, 2013).
            Usahatani di pelajari guna memudahkan seseorang atau petani dalam mengkoordinir dan mengusahakan faktor-faktor produksi berupa lahan dan alam sekitarnya sebagai modal sehingga mendapatkan hasil output dimana hal Terapi Seni Furniture dimanfaatkan sebaik-baiknya serta bijaksana. Dalam Usahatani terdapat usahatani on farm dan off farm, dimana on farm adalah usahatani yang dilakukan pada budidaya, sedangkan off farm merupakan kegiatan pengolahan hasil budidaya pertanian. On farm dapat juga disebut sub-agribisnis usahatani, yaitu kegiatan yang menggunakan sarana produksi dan sub agribisnis hulu untuk menghasilkan komoditas pertanian primer. Subsistem ini adalah salah satu bentuk sumberdaya alam dan keunggulan yang dapat dimanfaatkan sebagai pelestarian alam dan sekaligus sebagai obyek wisata alam. Kegiatan off farm merupakan kegiatan yang berkaitan dengan produksi, distribusi dan pemenuhan sarana produksi pertanian, serta kegiatan yang berkaitan dengan produksi pertanian, serta kegiatan pasca panen yang dapat memberikan nilai tambah pada produk pertanian yang diusahakan dalam jangka waktu yang sudah di rencanakan (Suratiyah, 2015).

Terdapat beberapa judul laporan praktikum dengan spesfikasi komoditas tertentu silahkan jika ingin mendownload :

MANAJEMEN AGRIBISNIS DAN KONSEP AGRIBISNIS BERKELANJUTAN KOMODITAS PETERNAKAN KAMBING ETAWA DI KABUPATEN JEMBER

MANAJEMEN AGRIBISNIS DAN KONSEP AGRIBISNIS BERKELANJUTANAYAM PEDAGING DESA ANTIROGO KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER

MANAJEMEN AGRIBISNIS DAN KONSEP AGRIBISNIS BERKELANJUTAN KOMODITAS DURIAN DI KABUPATEN JEMBER

MANAJEMEN AGRIBISNIS DAN KONSEP AGRIBISNIS BERKELANJUTAN KOMODITAS JAGUNG DI DESA KAMAL KECAMATAN ARJASA KABUPATEN JEMBER


Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.