LAPORAN PRAKTIKUM PENGANTAR ILMU PERTANIAN

 LAPORAN PRAKTIKUM PENGANTAR ILMU PERTANIAN

LAPORAN PRAKTIKUM PENGANTAR ILMU PERTANIAN

 Indonesia merupakan salah satunegara berkembang dari sekian banyak negara berkembang lainnya di dunia. Indonesia termasuk negara berkembang yang memiliki keanekaragaman sumber daya alam yang melimpah sehingga Indonesia dikenal dengan sebutan negara agraris. Kekayaan alam yang melimpah tersebut tidak membuat Sumber Daya Manusia tergerak untuk mengolahnya. Hal ini menyebabkan banyak pihak terus menggunakan hingga mengekploitasi secara besar-besaran sumber daya alam tanpa memikirkan dampak buruk jangka panjang.
Pertanian dapat ditinjau dari dua arti yaitu arti sempit dan arti luas. Pertanian dalam arti sempit merupakan pertanian rakyat. Pertanian dalam arti luas mencakup 5 bidang meliputi :
a.       Pertanian rakyat atau disebut pertanian dalam arti sempit
b.      Perkebunan, termasuk di dalamnya perkebunan rakyat dan perkebunan besar
c.       Kehutanan
d.      Peternakan dan
e.       Perikanan
Padi, jagung, dan ketela juga merupakan tanaman perdagangan yang penting tidak saja untuk pasaran dalam negeri, tetapi jagung dan ketela juga untuk pasaran luar negeri. Sebaliknya, petani yang menanam tanaman perkebunan seperti karet, kopi, lada banyak pula yang menanam padi dan jagung terutama untuk kebutuhan konsumsi keluarganya sendiri. Dengan demikian, pembagian antara pertanian rakyat dan perkebunan menjadi kabur dan kehilangan arti. Oleh karena itu, dalam hal ini disarankan pembagian bidang Mengenal Daftar Alat Musik pertanian menjadi dua, yaitu pertanian rakyat dan perusahaan pertanian.

PEMANFAATAN DAN PENYIMPANAN HASIL PRODUKSI JAGUNG DI DESA CANGKRING KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.